Minggu, 29 November 2015

PERENCANAAN USAHA



PERECANAAN USAHA



 

Nama Usaha                 : Choco Banana
Nama Penyusun           : REVI OKTA LONGKANG SAPUTRA ( 31 ) Kelas  : X PMS 2
Tanggal                        : 05 November 2015
Alamat                         : Lingkugan sekolah SMK Negeri 1 Pogalan
Alamat Rumah             : Rt. 04 / Rw. 02 Ds.Surenlor Kec.Bendungan  Kab.Trenggalek







                                        05 November 2015
                                        Penyusun
                                       



                                           ( REVI OKTA LONGKANG.S  )
 







 Deskripsi rencana usaha saya.
Usaha saya termasuk dalam kelompok  Pembuatan barang Usaha Baru.
( Deskripsikan secara singkat tentang usaha anda , termasuk juga produknya )
Usaha Choco Banana ini adalah usaha baru yang saja dijalankan, Usaha ini adalah usaha kecil, usaha ini adalah usaha perseorangan, saya memilih usaha ini karena usaha ini cukup mudah membuatnya dan tidak memerlukan biaya yang cukup banyak dan usaha ini sangat banyak di gemari oleh semua orang. 
 Penilaian Terhadap Pasar

1.      Pelanggan Saya dapat dideskripsikan sebagai berikut ;
     Biasanya kebanyakan pelajar menyukai makanan yang terbuat dari coklat. Jadi saya berinisiatif  untuk menjual choco banana. Dan harganya juga terjangkau.

2.      Deskripsikan pesaing usaha anda yang ada dipasar ;
     Pesaing saya disekolah adalah BC, makanan yang dietalase, resto, serta anak anak yang berjualan keliling.

3.      Gambaran usaha saya untuk masa depan ;
     Usaha saya dimasa depan akan semakin maju dan saya akan menambah kreatifitas saya agar pelanggan saya tidak bosan dengan dagangan saya.dan saya ingin mendirikan pabrik choco banana ini.

4.      Kelebihan utama pesaing usaha saya adalah ; 
           Kelebihan pesaing saya adalah sudah memiliki pelanggan yang tetap dan mempunyai banyak pengalaman. Jadi produknya lebih banyak diminati pembeli.

5.      Kelemahan utama pesaing usaha saya adalah ; 
           Cara pengemasannya kurang menarik, mungkin pelanggan kurang puas dan belum paham betul cara menarik perhatian pelanggan. 

Analisis perencanaan usaha

1.      Tujuan mendirikan usaha saya adalah ;
       Untuk melatih mental saya supaya kuat. Sehingga dimasa depan jika saya menjadi wirausahawan, saya sudah memiliki pengalaman yang cukup dan untuk menambah penghasilan keluarga.

2.      Bentuk badan usaha saya adalah ;
       Perseorangan , saya ingin menggunakan modal sendiri dalam mendirikan usaya saya. Karena jika memperoleh keuntungan / laba hasilnya akan diterima sendiri dan jika mengalami kerugian juga akan di tanggung sendiri.

3.      Analisis SWOT


Strength / kekuatan

       1.      Banyak teman teman saya yan g mendukung dan menyemangati saya untuk berjualan

Weachness  / Kelemahan

         1.      Masih takut untuk mencoba
         2.      Kurangnya pengalaman
         3.      Kurangnya modal
         4.      Takut rugi

Opportunity / peluang  

        1.      Banyak peluang yang ada di sekolah ini, sehingga saya memanfaatkannya.
             2.      Masih sedikitnya orang yang berjualan choco banana di sekolah ini.
Treath / ancaman

         1.      Banyaknya pesaing
         2.      Pelanggan yang tidak puas dengan  produk saya
         3.      Pelanggan cepat bosan

Solusi / pemecahan masalah

       Saya akan berusaha setiap hari untuk berjualan produk saya, agar mental saya kuat. Dan saya berusaha agar produk yang saya jual selalu berbeda dengan produk yang lain untuk menarik pelanggan agar membelinya.





    






      Anggaran Biaya

Kebutuhan modal :
Modal sendiri                          : Rp. 50.000,00
Modal dari orang tua               : Rp. 20.000,00

Kegunaan  modal
1.      Pembelian bahan baku
2.      Modal tempat usaha
3.      Operasional usaha
Menghitung biaya produksi

1.      Bahan baku yang dipakai
1.      Pisang 3 Sisir                                 : Rp.   20.000,00
2.      Meses coklat                                  : Rp.     6.000,00
3.      Minyak goreng                              :  Rp.     6.000,00
4.      Kulit lumpia                                  Rp.     8.000,00    +  
                                                           Rp.   40.000,00

2.      Biaya Overhead
1.      Plastik ½ kilo gram                              : Rp    4.000,00    +
                                                                       Rp. 44.000,00

3.      Produk jadi setiap bulannya adalah :   60 ( per hari ) x 30 hari : 1.800 biji

4.      Jadi biaya produksi setiap bulannya adalah ;
Rp. 44.000,00 X 30 hari = Rp. 1.320.000,00

5.      Harga satuan produk yang di hasilkan adalah ;
Harga pokok : Rp. 1.320.000,00 : 1800 biji =Rp. 733,00
Harga jual : Rp. 1000
Laba : Rp. 1000- Rp. 733,00 = Rp. 267,00 per biji
            Rp. 267,00 X 1800 biji = Rp. 480.600,00 per bulan        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar